Selasa, 06 Juli 2010

Pengalaman Mantan NII Tahun 1996


t1.gstatic.com
to : bahtiar@gmail.com




Assalamualaykum Wr.Wb.

Kisaran tahun 96, saya dapat kabar bahwa beberapa teman saya masuk dalam jaringan NII (waktu itu lebih dikenal N11 "N-sebelas"). Salah satu temen yang terlibat datang ke taklim saya dan menceritakan semuanya kepada guru ngaji kami, ia bingung setengah mati harus bagaimana, maklum waktu itu temen saya masih kuliah smester pertama (saya sendiri masih SMA), dia bingung karena permasalahan uang yg diminta di N11. Jujur karena saya masih SMA, saya tidak terlalu ngerasa bahwa N11 itu adalah sebuah ancaman yang berbahaya, tapi sangat kesal dengan N11 karena mendengar pengakuan teman saya.

Setelah kejadian itu guru kami langsung membeberkan masalah DI/TII - NII. Yang saya tahu, bahwa DI/TII itu adalah sebuah gerakan pemberontakan pada tahun 1949 yang dipimpin oleh Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo (dalam tubuh N11 sering disebut dengan SMK/SEMANGKA untuk mengaburkan). Mendengar pembeberan guru saya, saya tertarik ingin tahu lebih dalam masalah N11, yah... begitulah anak muda klo giroh Islamnya lagi memuncak, tapi ilmunya masih sedikit.

Akhirnya secara diam-diam saya dan beberapa teman saya mencoba mencari tahu tentang N11 dengan cara tetap menyuruh teman saya tadi terus berkutat di N11, masalah uang kami patungan untuk membantu dia (dan kebetulan ada salah satu teman yang cukup tajir diantara kami . . hehehe). Dari teman saya itu, kami semua mendapat informasi tentang N11, dari cara perekrutan sampai kegiatan-kegiatannya. Karena masih mengandalkan informasi dari seorang teman, pengetahuan saya tentang N11 sangat lambat, karena teman saya yang berada di N11 itu jarang pulang, dalam 1 bulan mungkin hanya bisa bertemu dengannya 2 sampai 3 kali saja, itu pun tidak terlalu lama, paling-paling hanya sekitar 2 jam. Teman saya beberapa kali mengeluh untuk berhenti melakukan hal ini, ia sudah sangat lelah, dan batinnya sangat terganggu, tapi kami berhasil meyakinkannya agar tetap bertahan sampai kami rasa cukup informasi tentang N11.

Pada tahun 1998,saya lulus SMA dan mulai kuliah, kegiatan kami mencari informasi N11 pun menurun. Hal ini dikarenakan teman saya sudah keluar dari N11 karena sudah tidak kuat lagi secara batin, dia akhirnya pulang ke Malang, dan kuliahnya pun tidak selesai di Jakarta. Selain itu, kita semua tahu kejadian negara kita pada tahun 1998, teman2 yang kuliah angkatan 98 kebawah juga pasti merasakan kuliah di jalanan utk menuntut keadilan bagi rakyat. Bisa dikatakan akhir tahun 98 kami sudah berhenti sama sekali dari mencari informasi tentang N11 karena kesibukan kuliah di jalanan tadi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar